Tifa Tour Medan



Bintang Tercepat Ditemukan di Sekitar Lubang Hitam, Seperti Apa? Tifa Tour Medan

Astronomi – Para ahli astrofisika telah menemukan bintang yang diketahui bergerak dengan kecepatan tinggi mengelilingi lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti. Ahli pun menyebutnya sebagai bintang tercepat yang pernah ditemukan.

Bintang yang diberi nama S4716 ini menyelesaikan orbit di sekitar lubang hitam supermasif Sagitarius A* (SGR A*) hanya dalam waktu sekitar empat tahun. Artinya bahwa bintang tersebut bergerak dengan kecepatan yang sangat cepat, yaitu sekitar 29 juta Km per jam.

Selama mengorbit lubang hitam yang diperkirakan berdiamer 23,5 juta Km itu, S4716 bahkan mampu mendekati Sagitarius A* hingga hanya berjarak sejauh 150 juta km.

Meskipun ini mungkin tampak sangat jauh, namun jarak tersebut relatif dekat dalam istilah kosmik.

Dikutip dari Space, bintang S4716 sendiri merupakan bagian kelompok bintang yang disebut klaster S yang mengorbit dekat dengan pusat galaksi dan lubang hitam supermasif Bima Sakti.

Semua bintang klaster S ini bergerak sangat cepat tetapi bervariasi dalam kecerahan dan massa.

Penemuan bintang tercepat di sekitar lubang hitam yang begitu dekat dengan Sgr A* ini pun dapat mengubah pemahaman kita tentang bagaimana galaksi kita berevolusi dan terutama mengenai bintang pusat yang bergerak cepat.