Tifa Tour Medan



Diving Ke Kubbar Island Dan Umm Al Maradim Island Tifa Tour Medan

Dinda – Certified Diver
Arabian Gulf Sea

Anakku cuma dua, lahir dari rahim yang sama, saya besarkan dalam rumah yang sama. Tapi kepribadiannya sangat jauh berbeda bahkan sangat bertolak belakang. Yang besar lemah lembut dan seperti umumnya anak gadis remaja yang sangat perhatian dengan perawatan rambut, kulit dan penampilan. Tapi yang kecil beda sama sekali, hobbynya olahraga dan cenderung ke olahraga extreme. Nekadnya sama persis dengan bapaknya, mandirinya entah belajar dari mana.

Berat Kalau Diatas
Ringan Saat Berada Di Laut
Arabian Gulf Sea
Tidak Ada Karang Dan Tidak Ada Ikan Warna Warni

Saya sering terkejut saat pulang ke rumah tahu tahu menunjukkan photo sedang Bungy Jumping, Terjun Tandem, Mendaki Gunung, Parasailing, Surfing, Diving dan lain lain. Rupanya, dia kalau mau olahraga yang serem serem tersebut pamitnya sama bapaknya saja. Dia tahu bener kalau pamit dengan emaknya nggak akan pernah disetujui.

Dinda Dan Penyelam
Dari United Kingdom
Laut Teluk Arabian Tidak Berombak Besar
Di Indonesia Laut  bergelombang Sangat Besar

Beberapa minggu terakhir ini saya diajak mengikuti aktifitasnya. ‘Biar nggak bosen dirumah aja mak, 6 bulan Lockdown Covid19 nggak bisa kemana mana kan ?‘. Bener juga, ternyata saya diajak Scuba Diving. Saya kebagian tugas bagian konsumsi. Diatas kapal doang sambil ngasih makan dan minum para penyelam satu clubnya berjumlah sekitar 6 orang penyelam dan sekitar 3 orang crew kapal dan perlengkapan sekali berangkat.

Menuju Dermaga Fahaheel Sea Club
Kuwait
Fahaheel Sea Club
Tempat Parkir Kapal / Yacht Penggemar
Olah Raga Laut

Sekitar jam 7:00 pagi saya sudah berangkat dari rumah menuju ke Fahaheel Sea Club, sebuah pelabuhan kecil tempat para penggemar olah raga laut menambatkan kapal kapalnya. Kalau tidak dengan si kecil Dinda, nggak bakalan saya bisa masuk ke tempat ini. Hanya member Sea Club yang boleh masuk. Tidak itu saja, masih ada pemeriksaan lagi dan harus menunjukkan Scuba Diving License untuk bisa mendapatkan scuba atau tabung oksigen dan berbagai macam perlengkapan keselamatan yang harus dipasang di tangan dan pinggang.

Rombongan Penyelam Berangkat
Dari Fahaheel Sea Club Menuju 
Umm Al Maradiem Island
Perjalanan Sekitar 1 Jam Menuju
Umm Al-Maradiem Island

Tujuan menyelam di perairan sekitar Umm Al-Maradim Island, kemudian pindah lagi ke Kubbar Island. Semuanya masih di wilayah Kuwait, tepatnya ditengah Arabian Gulf atau sering juga disebut Persian Gulf. Kuwait itu sebenarnya memiliki 9 pulau besar maupun kecil, umumnya tidak berpenghuni. Pulau terbesar adalah Bubiyan Island (863 SqKm), Warbah Island (37 SqKm) dan Failaka (20 SqKm). Yang lain pulau pulau yang sangat kecil tidak lebih dari 1 SqKm.

Sie Konsumsi

Umm Al-Maradim Island luasnya hanya 0.165 SqKm saja, Kubbar Island lebih kecil lagi yaitu hanya 0.11 SqKm.  Seperti gundukan pasir sebesar lapangan sepak bola yang menyembul dari laut. Nggak ada apa apa dipulau pulau kecil ini selain pasir dan menara mercu suar yang menjulang tinggi dan nampak jelas dari kejauhan dengan lampu suar yang berputar putar. Lalu lintas kapal di Arabian Gulf ini memang sangat ramai dan perlu mercu suar terutama kapal kapal tanker dan kapal peti kemas.

Laut Terlihat Biru Dan Bersih
Tapi Saat Menyelam Jarak Pandang Sangat
Terbatas – Laut Indonesia Lebih Jernih

Saat menyelam, ternyata jarak pandang sangat pendek sekali di Arabian Gulf. Laut yang terlihat biru dan bersih di permukaan ternyata tidak sama dengan keadaan dibawah laut. Para penyelam yang pernah ke Indonesia mengakui bahwa laut di Indonesia sangat jauh lebih baik. Disamping banyaknya batu karang dan ikan yang warna warni, banyak tempat tempat menyelam yang masih sangat alami dan menantang. Di Arabian Gulf nggak terlihat banyak ikannya, apalagi ikan warna warni. 

Crew Perlengkapan Dive 36 Club

Dari pembicaraan dengan para penyelam, terlihat sekali mereka ingin bisa menyelam ke Indonesia. Beberapa nama lokasi menyelam di Indonesia semuanya hapal diluar kepala. Tapi mereka belum pernah sama sekali ke Indonesia. Alasannya macam macam mulai nggak ada pesawat, sedang pandemi corona di Indonesia dan seribu satu alasan lainnya.  Penyelam Kuwait ternyata sama saja dengan orang Indonesia, nggak ada yang mau jujur dan terus terang mengatakan : ‘SEDANG BOKEK, NGGAK PUNYA DUIT !!!’. Tinggal ngomong jujur saja berbelat belit kemana mana.

Banyak Yang Harus Dibawa
Mulai Scuba Sampai Papan Ski
Kubbar Island Kuwait
Hanya Ada Menara Mercu Suar
Test Semua perlengkapan Sebelum Menyelam
Semboyan Dive 36 Club

Baca Juga :