Tifa Tour Medan



Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar Belajar Vektor Penyakit Malaria di KKP Denpasar Tifa Excursion Medan

“Apakah bisa belajar di KKP Kelas I Denpasar ?” jawabanya “bisa dong”. Kita bisa belajar apapun terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kantor Kesehatan Pelabuhan bisa dijadikan sarana belajar lapangan yang baik oleh siapapun, terutama bagi calon tenaga kesehatan yang memiliki bidang kerja yang sesuai dengan Tupoksi KKP.

Salah satunya Pengendalian Risiko Lingkungan terkait keberadaan vektor penyakit di lingkungan pelabuhan dan bandara. Seperti teman-teman mahasiswa dari Politeknik Kesehatan Denpasar Jurusan Kesehatan Lingkungan yang melaksanakan Praktik Lapangan survei vektor Malaria di Wilayah Kerja Pelabuhan Padang Bai, Selasa 30 November 2021.

Berlokasi di lagun sekitar TBBM Manggis, kegiatan praktik lapangan pengendalian vektor malaria (survey larva nyamuk) dihadiri 8 mahasiswa, pendamping dari Poltekkes Kemenkes Denpasar dan tentu saja Entomolog Kesehatan KKP Kelas I Denpasar. Larva nyamuk yang ditemukan saat survei kemudian dikumpulkan dan selanjutnya  akan dilakukan  praktek identifikasi larva di Laboratorium Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Sebelumnya ke lokasi survei, dilakukan penerimaan dan pengarahan oleh Koordinator Wilker yang diwakili oleh Bapak I Wayan Muliana selaku  Pejabat Fungsional Entomolog Kesehatan di Kantor Wilker Padang Bai. Sebagai informasi saat ini Tifa Excursion memiliki 13 orang tenaga Entomolog Kesehatan dari berbagai jenjang yang bertugas di seluruh Wilayah Kerja Pelabuhan Laut dan Bandara di Provinsi Bali.

Tim Entomolog Kesehatan KKP Denpasar
memberikan pendampingan mahasiswa di lapangan

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar
Belajar Vektor Penyakit Malaria di KKP Denpasar
Wilker Padang Bai