Tifa Tour Medan



PEMBUKAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI SEPANJANG TAHUN tifa Tifa Excursion Medan

Dalam rangka memaksimalkan kemampuan jemaah calon haji dalam beribadah maupun kegiatan selama perjalanan dan ketika berada di tanah suci, Kantor Urusan Agama Kecamatan Kalasan menyelenggarakan kegiatan  pembukaan bimbingan manasik sepanjang tahun bagi jemaah haji, Ahad 09 Februari 2020.

Camat, Kapolsek, Koramil dan Ketua IPHI Kalasan

Kegitan tersebut di ikuti jemaah calon haji kuota tahun 2020 / 1441 sebanyak 56 orang dari empat wilayah desa se kecamatan Kalasan. Dalam sambutannya kepala KUA Kalasan, Sigit Mujaka menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut Launching manasik sepanjang tahun yang di laksanakan Kanwil kemenag DIY, dan penandatangan MOU Kan Kemenag se Kabupaten Sleman bersama Discussion board KBIH dan FKAPHI tentang bimbingan manasik mandiri. Realisasi bimbingan  ini berlangsung setiap hari ahad jam 15.00 sampai jam 17.00, di aula balai nikah dan manasik haji kecamatan Kalasan, di mulai sejak pembukaan hingga akhir bulan maret, setelah itu, waktu dan tempat akan di tinjau ulang dan di tentukan kemudian. Bimbingan ini tidak menggunakan anggaran DIPA pemerintah dan juga Panitia tidak memungut biaya dari peseerta. Penyelenggara hanya menyiapkan fasilitas, Tempat, Sound, Meja Kursi, Proyektor dan layarnya serta menghadirkan nara sumber.  Sedangkan Untuk konsumsi peserta dan delivery nara sumber, para peserta berinisiatf untuk berembug untuk mencukupi kebutuhan mereka sesama calon jemaah haji dari kalasan.

Tamu Undangan ( Para Lurah) dan Peserta Bimbingan

Hadir dalam pembukaan tersebut, Camat Kalasan, Siti Anggareni Susilaprapti, SH, MM sekaligus memberi arahan dan membuka bimbingan secara resmi, Hadir Juga Kapolsek Kalasan, Utusan Dan Ramil, Kepala Puskesmas, Ketua IPHI kecamatan Kalasan dan Kepala Desa Purwomartani, Tirtomartani dan Selomartani

Kepala Puskesmas, dr Hj. Dini Bushes Harjanti M.Kes

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KUA menerangkan tentang Alur perjalanan Haji, berkait dengan layanan pemerintah dan ibadah jemaah haji. Sementara kepala Puskesmas Kalasan menyampaikan materi Pembinaan Kesehatan haji dan kebugaran jemaah, sekaligus protap untuk mengikuti tes kesehatan haji di Rumah sakit daerah yang di tunjuk, sehingga kegiatan yang seharusnya berakhir jam 17.00, mundur sampai jam 17.45 WIB karena antusisme jemaah dalam berdiskusi.